Pengertian E-Banking
Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat "garis belakang", yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, 'merchant, atau penyedia jasa transaksi.
Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi:
- Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
- Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
- Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
- Perbankan Daring (Internet Banking)
- Sistem Kliring Elektronik
Cara Mendapatkan E-Banking
I. INTERNET BANKING
Anda dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.
Jenis Transaksi :
- Transfer dana.
- Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar.
- Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik).
- Pembelian (misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham.
- Jangan pernah memberitahukan User ID dan PIN (Personal Identification Number) Anda kepada orang lain, termasuk kepada petugas dan karyawan Bank.
- Jangan meminjamkan KeyToken pengaman transaksi Anda kepada orang lain.
- Jangan mencatat User ID Anda di tempat yang mudah diketahui orang lain.
- Gunakan User ID dan PIN Anda secara hati-hati agar tidak terlihat dan diketahui oleh orang lain.
- Pastikan Anda mengakses alamat situs bank dengan benar.Pahami dengan baik situs bank Anda.
II. PHONE BANKING
Phone Banking adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui telepon.Jenis Transaksi :
- Transfer dana.
- Informasi saldo, mutasi rekening.
- Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon,handphone, listrik, asuransi).
- Pembelian (pulsa isi ulang).
- Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking.
- Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN.
III. MOBILE BANKING
Mobile Banking Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).
Jenis Transaksi :
- Transfer dana.
- Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar.
- Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi).
- Pembelian (pulsa isi ulang, saham).
- Anda wajib mengamankan PIN Mobile Banking.
- Anda bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN.
- Bilamana SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/ dipindahtangankan kepada pihak lain, segera beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank tersebut.
IV. SMS BANKING
Sms Banking Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service).
Jenis Transaksi :
- Transfer dana.
- Informasi saldo, mutasi rekening.
- Pembayaran (kartu kredit).
- Pembelian (pulsa isi ulang)
- Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain.
- Jangan mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang mudah diketahui oleh orang lain.
- Setiap kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.
- Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS yang akan tersimpan di dalam inbox.
Kejahatan dalam Perbankan Elektronik
Untuk sekadar transaksi yang bersifat informatif (tidak ada pengurangan saldo) maka cukup menggunakan ssandi lewat (password) untuk masuk, tetapi untuk transaksi yang sifatnya memindahkan/mengurangi saldo nasabah diminta untuk memasukan pin yang dihasilkan oleh suatu alat yang biasa disebut token atau pin. Alat ini akan mengeluarkan deretan angka (biasanya 6 digit) yang hanya identik dengan rekening nasabah tersebut. Jadi token lain tidak mungkin bisa digunakan pada rekening. Yang dapat dilakukan adalah meningkatkan tingkat kesulitan untuk masuk dengan menggunakan pengamanan-pengamanan, dinding api (firewal) & IDS (dalam kasus server Internet). kejahatan siber yang merupakan kejahatan di dunia maya (siber) sangat memungkinkan data nasabah di sadap pada saat melakukan transaksi perbankan elektronik.
-
Keuntungan Electronic Banking Mudah
- dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.
- hanya dengan menggunakan perintah melaluikomputer dan/atau alat komunikasi yang Anda gunakan, dapat langsung melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor bank atau ke ATM (kecuali untuk ambil uang tunai).
http://id.wikipedia.org/wiki/E-banking
http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/24CDE8AA-F4F1-4523-9FCE-7F92A5A96DC6/1490/MengenalElectronicBanking.pdf
0 KoMeNtAr:
Posting Komentar